Implementation of Bumdes Policy in Developing Belimbing Agrotourism in Watesari Balongbendo Village, Sidoarjo: Implementasi Kebijakan BUMDes dalam Mengembangkan Agrowisata Belimbing Desa Watesari Balongbendo Sidoarjo

No Thumbnail Available
Date
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
UMSIDA Preprints Server
Abstract
Description
This research was conducted in order to find out how the implementation of policies contained in BUMDes Bina Sejahtera in developing Starfruit Agrotourism in the village of Watesari Balongbendo Sidoarjo. In this study using qualitative methods with interviews and documentation. The data used comes from primary data and secondary data. The sources for this research include the Head of Watesari Village, Head of BUMDes Bina Sejahtera and BUMDes Staff related to Bina Sejahtera. And the analysis of this research through Edward III's theoretical approach. The indicators used in this theory consist of communication, resources, disposition and bureaucratic structure. The results showed that the implementation of policies at BUMDes Bina Sejahtera in developing starfruit agro tourism according to Edward III's theoretical approach, namely communication indicators, communication carried out by the chairman of BUMDes Bina Sejahtera with members went well.
Penelitian ini dilaksanakan agar dapat mengetahui bagaimana implementasi kebijakan yang terdapat pada BUMDes Bina Sejahtera dalam mengembangkan Agrowisata Belimbing di desa Watesari Balongbendo Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendakatan wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun narasumber penelitian ini antara lain. Kepala Desa Watesari, Kepala BUMDes Bina Sejahtera dan Staff–Staff BUMDes terkait Bina Sejahtera. Serta Analisa penelitian ini melalui pendekatan teori Edward III. Adapun indikator yang digunakan dalam teori ini terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pada BUMDes Bina Sejahtera dalam mengembangkan agrowisata belimbing menurut pendekatan teori Edward III yaitu indikator komunikasi, komunikasi yang dilakukan oleh ketua BUMDes Bina Sejahtera dengan anggota berjalan dengan baik. Serta dalam proses komunikasi diantara ketua dengan para anggota selalu dilakukan secara baik dan mengarah langsung pada kebijakan yang telah disepakati.  
Keywords
Implementation, Policy, Village Owned Enterprises
Citation