The The Quality of Population Administration Services in The Tanggulangin District of The Sidoarjo Province: Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

No Thumbnail Available
Date
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
UMSIDA Preprints Server
Abstract
Description
Penelitian ini berupaya menilai kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Tanggulangin Provinsi Sidoarjo. Selain itu untuk memahami unsur-unsur yang mendorong dan menghambat pelayanan di Kabupaten Tanggulangin Provinsi Sidoarjo. Mempekerjakan metodologi kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, data diperoleh. Analisis data penelitian ini terdiri dari tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas penyelenggaraan pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan dimensi bukti fisik ( tangible ), aspek keandalan ( Reliability ), aspek daya tanggap ( responsiveness ).), aspek jaminan ( Assurance ), dan aspek empati ( Empathy ) yang meliputi seluruh pembahasan indikator, namun ada beberapa indikator yang berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat. dalam penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), kesadaran masyarakat, sarana dan prasarana.
Keywords
Population, Administrative Services, quality
Citation